Kamis, 24 Januari 2013

Sinopsis Novel

 
sinopsis novel
judul : sepatu dahlan
pengarang : khrisna purbachara
tema : kegigihan yang berakhir pada pencapaian
tokoh-tokoh dalam novel :
1. dahlan
2. ayah dahlan
3. ibu dahlan
4. zain ( adik dahlan )
sinopsis :
novel sepatu dahlan ini bercerita tentang dahlan yang di masa kecilnya amatlah susah. ia memiliki 2 kakak perempuan dan 1 adik laki-laki. dahlan lulusas dari SD Bukur dan sangat berharap dapat melanjutkan sekolah di SMP Magetan, namun ayahnya menyuruhnya untuk melanjutka sekolah ke Madrasah Tsanawiyah di pesantren takeran. jarak dari rumah dahlan ke pesantren sangatlah jauh, karena itu dahlan sangat memimpika memiliki sepasang sepatu agar kakinya tidak lecet dan kotor. namun keinginan itu tampaknya hanyalah harapan karena kehidupannya semakin terpuruk dalam kemiskinan semenjak ibunya meninggal.
keinginan dahlan untuk memiliki sepatu semakin menjadi-jadi ketika ia mengikuti pertandinga bola voli, karena pada babak vinal semua anggota tim harus memakai sepatu sedangkan 2 anggota dari tim pesantren takeran tidak memiliki sepatu. dan untungnya permasalahan tersebut dapat diatasi sehingga pada akhirnya tim voli dari pesantren takeran memenangkan pertandingan.

kemenangan tim voli pesantren takeran memberikan kehidupan yang lebih baik untuk dahlan karena ia ditujuk menjadi pelatih voli di gorong gareng dengan upah Rp10.000/bulan. dengan gajinya itu dahlan bisa menyicil sepeda kepada arif sebesar Rp4.000/bulan dan ia juga bisa membeli 2 pasang sepatu, satu untuknya dan yang satu lagi untuk zain.

1 komentar: